Selasa, 10 Januari 2012

10 rumah terunik di dunia versi Blognya Maz Adi (bagian 1)

Banyak sekali rumah-rumah indah dan unik di dunia, nah kali ini saya akan memberikan postingan mengenai rumah terunik di dunia versi blognya maz adi...lets, cekidot.....

1.  Eart House
Rumah unik yang pertama adalah 'earth house' yang terletak di swiss. Sebuah gaya arsitektur yang berkarakter alam dan menggunakan medan alam sebagai dinding rumahnya. Sebuah rumah alam biasanya diatur sebagian ke dalam tanah dan ditutupi dengan tumbuah tipis, tujuannya tak lain sering dimaksudkan untuk memiliki jejak ekologi kecil.





2.  Rondavel
Rumah yang sangat menakjubkan ini disebut rondavel, sebuah rumah bergaya tradisional afrika. Rumah ini biasanya berbentuk bundar dan dibuat secara tradisional dengan bahan yang dapat diperoleh di lingkungan sekitar dalam bantuk bahan mentah. Dinding rondeval ini terbuat dari batu, yang merupakan kombinasi dari pasir, tanah dan  bahan-bahan lain bahkan dicampur juga dengan kotoran sebagai perekat. Rangka atap terbuat dari dahan pohon yang telah dipotong-potong memanjang. Atapnya sendiri terbuat dari rumbia yang diikat dengan dahan2 kayu dan diikat dengan rumput.











3.  Shell House
Rumah unik yang ketiga dinamakan shell house. Ini adalah rumah paling asli dari meksiko atau mungkin diseluruh dunia. salah satu rumah paling indah yang bisa kamu nikmati. Rumah ini terletak di pulah mujerest timur laut dari semenanjung yukatan di laut karibia.












4.  Rumah Gadang
Nah, rumah yang keempat ini adalah kebanggan kita warga inndonesia. Rumah gadang yang disebut juga "Rumah Besar" adalah rumah tradisional Minangkabau. Arsitektur, kontruksi, dekorasi internal dan eksternal mencerminkan budaya dan nilai-nilai orang minangkabau. Rumah gadang berfungsi sebagai tempat tinggal,  ruang untuk pertemuan keluarga, dan kegiatan upacara adat. Kultur sosial adat minangkabau yang menganut matrilineal membuat rumah gadang dimiliki oleh orang-orang perempuan dari keluarga yang tinggal disana. Kepemilikan diturunkan dari ibu ke anak perempuan.











5.  Toda Hut
Selanjutnya adalah gubuk aneh dari suku toda yang bernama toda hut yang tinggal di nilgiris. India mencatat untuk dekorasi dinding depan dan pintu yang sangat kecil. Orang-orang toda adalah komunitas pastoral kecil yang tinggal di dataran tinggi terisolasi Nilgiri India selatan. Sebelum akhir abad kedelapan belas, yang hidup berdampingan dengan suku toda adalah masyarakat lainnya seperti badaga, kota dan kurumba. Dalam sebuah  organisasi seperti kasta, komunitas toda menduduki peringkat teratas seperti brahmana di bali. 




To be continued >>>>>> 

Related Posts by Categories

2 komentar:

  1. Ternyata rumah gadang dari minang masuk kategori rumah unik juga gan.. Bukan Cuma rendangnya aja yang terkenal. Salam kenal gan dari Cafe Amaliun Indah

    BalasHapus
  2. iya nich, ngikut bangga juga sebagai anak bangsa...semoga potensi2 yang ada di indonesia bisa mendunia. Salam kenal juga ya... :)

    BalasHapus