Minggu, 08 Januari 2012

kiat ESEMKA vs GUANGDONG-foday!! yang plagiat siapa yaaa????

Begini ceritanya, akhir akhir ini saya penasaran dengan pemberitaan mobil nasional buatan anak SMK yang lagi naik daun namanya ESEMKA. Karena penasaran saya jalan - jalan ke google dan nyari info mobil buatan anak bangsa ini..
Langsung aja yaa..maaf2 sebelumnya ya...pemberitaan tipi sekarang ini lebay mode on...dan sepertinya sudah jamak lumrah hal2 semacam ini menjadi sebuah komoditas tertentu bagi pihak2 tertentu pula.
Anak-anak SMK sekarang ini canggih..bisa bikin mobil!! hebat banget pokoknya deh, dari pak RT, tukang sapu, pengemis,..semua bilang kalau anak2 Indonesia sekarang jempolan...saya sebagai masyarakat indonesia juga bangga, berarti orang Indonesia melek teknologi..maklum, anggaran pendidikan cukuplah besar akhir2 ini secara jumlah.
Hasilnya dapat dilihat pada gambar-gambar dibawah ini...



Tapi, dibelahan dunia lain..sebuah perusahaan otomotif telah membuat hal yang serupa !! Dialah Guangdong Foday...sebuah mobil mereka juga memiliki wajah serupa !! CEKIDOT....





Coba dicermati dan bandingkan bagian Grill depan, Bumper,Lampu,Spion dan Velg dengan mobil ESEMKA diatas !!
Ini yang bikin saya bingung,..apakah bagian design body mobil ini yang termasuk bagian 20% impor? Trus yang dibilang 80% komponen lokal yang mana ya...??
Nah, bagaimana tanggapan kamu2 semua??? pokoknya bingung...galau..kok iso???

Related Posts by Categories

Tidak ada komentar:

Posting Komentar