Senin, 09 Januari 2012

Rubah adalah si raja hutan sesungguhnya (India)

Siapa binatang yang paling ditakuti dihutan? Harimau ! Ya, tentu saja. Harimau binatang yang sangat menakutkan karena memiliki gigi dan cakar yang tajam bagaikan pisau. Binatang lain akan berlari menjauh jika melihat harimau.

Nah, pada suatu hari yang cerah, harimau sedang duduk berjemur. Tiba-tiba, ia melihat rubah sedang mengendap-endap hendak mencuri bangkai rusa miliknya. 

Harimau segera berdiri dan menghadang rubah. Ia mengaum keras sekali. "Berani sekali kau hendak mencuri hasil buruanku," kata harimau dengan suara menakutkan.

Tapi, aneh sekali. Rubah tidak takut. Justru ia memperlihatkan wajah marah dan berkata, "Berani sekali kau  menuduh aku pencuri. Aku adalah raja di hutan ini. Mana ada raja yang mencuri."

Harimau kaget mendengar kata-kata rubah. "Kau raja hutan ? Bohong besar. Kau bukan raja hutan. Akulah raja hutan," kata harimau sambil mengaum lebih keras lagi.

"Aku raja hutan. Akulah penguasa hutan ini," bentak rubah dengan suara yang tidak kalah keras.

"Kau tahu, semua binatang akan lari ketakutan saat melihat aku! Kau tidak percaya? Ayo, aku buktikan padamu. Ikutlah denganku!" ajak rubah.

Tanpa menunggu persetujuan harimau, rubah segera berjalan sambila mendongakkan kepala. Harimaupun kebingungan melihat tingkah polah rubah. "Benarkah dia raja hutan?" harimau tak habis pikir.

Karena penasaran, harimau pun mengikuti rubah dan berjalan dibelakangnya. Mereka melewati sebuah padang rumput. Saat itu, kumpulan rusa sedang asyik memakan rumput. Tiba-tiba ketika melihat harimau berjalan dibelakang rubah, mereka segera lari ketakutan.

"Kau lihat sendiri, bukan? Rusa-rusa itu takut melihatku," kata rubah menyombongkan diri.

"Ayo, ikuti aku lagi. Aku tunjukkan lagi bukti lainnya," lanjut rubah.

"Benar juga, ya. Rusa-rusa itu berlarian saat melihat si rubah," pikir harimau.

Rubah berjalan lagi dan harimau mengikutinya dengan raut wajah bingung. Lalu, mereka bertemu sekelompok monyet yang sedang mencari buah-buahan. Melihat kedatangan harimau, monyet-monyet itu langsung lari keatas pohon sambil memekik-mekik ketakutan.

"Bagaimana? Belum puas juga? Semua binatang takut melihat aku. Mereka lari ketakutan saat melihatku. Kau percaya sekarang? Akulah si raja hutan, " kata rubah.

Harimau kagum sekaligus heran. Ia tidak menyadari kalau rusa dan monyet itu, sebenarnya lari karena melihat dirinya, bukan karena melihat rubah.

"Aku memang hampir tidak percaya. Tapi, aku telah melihat dengan mata kepalaku sendiri. Maafkan aku karena sudah berlaku tidak sopan padamu, wahai Raja Hutan," kata harimau kepada rubah.

"Baiklah, aku mengampunimu kali ini. Pergi sana!" kata rubah mengusir harimau. Harimau pun segera pergi walaupun tetap merasa kebingungan.

Setelah harimau pergi, rubah tertawa terbahak-bahak melihat kebodohan harimau yang berhasil ia tibu. "Untung saja aku banyak akal. Kalau tidak, aku pasti mati diterkam harimau," kata rubah.

Pesan Moral >> Jadilah anak yang cerdik dan pintar agar kamu dapat menyelesaikan persoalan yang kamu hadapi. Jangan jadi anak bodoh seperti harimau yang dapat ditibu oleh rubah. Agar bisa jadi anak pintar, banyaklah belajar dan membaca.

Related Posts by Categories

2 komentar:

  1. hahaha ceritanya jadi keinget dongeng masa kecil dulu gan.. kecerdikan bisa mengalahkan segalanya

    BalasHapus
  2. iya, nich lagi pengen mostingin dongeng2 anak2..moga-moga banyak yang suka hehe

    BalasHapus