Rabu, 14 Desember 2011

aku berada kembali

sepertinya 'aku berada kembali' adalah sebuah perjalanan pulang sang pujangga yang entah dari mana dan apa, kata-kata seperti elang, kapal-kapan dan warna pelangi seolah menjadi pembeda dari sebelumnya.  disisi lain ada kesedihan dan gelap yang menyeruak jiwa sang penyair ini hingga terciptalah sebuah karya indah di tahun 1949 yang berjudul 'aku berada kembali'
gk perlu panjang-panjang deh mukadimahnya...yuk kita nikmati saja syair sang pujangga ini...


AKU BERADA KEMBALI


Aku berada kembali. banyak yang asing
air mengalir tukar warna, kapal-kapal, elang-elang
serta mega yang tersandar pada khatulistiwalain ;
rasa laut telah berubah dan kupunya wajah
juga disinari matahari lain.

Hanya,
Kelengangan tinggal tetap saja.
Lebih lengang aku di kelak-kelok jalan;
lebih lengang pula ketika berada antara
yang mengharap dan yang melepas.

Telinga kiri masih terpaling
ditarik gelisah yang sebentar-sebentar seterang
guruh.


1949....chairil anwar

Related Posts by Categories

Tidak ada komentar:

Posting Komentar