Jumat, 30 Desember 2011

diorama sunyi sang pahlawan

Anak jaman sekarang rasanya sudah jarang sekali yang ingat nama-nama para pahlawan yang telah gugur demi memerdekakan tanah air ini. Tidak adanya pelajaran sejarah dan masih traumanya masyarakat dengan pemutarbalikan sejarah yang terjadi di jaman orba membuat nama-nama pahlawan hanya dapat ditemui sebagai nama-nama jalan diberbagai tempat.
Secara tak sengaja setelah saya berlibur beberapa hari kediri, saya nongkrong di alun2 kota. Meski tidak seluas seperti di tempat saya namun cukup asri dan bersih sehingga membuat saya betah berlama lama disana. Dengan berbagai kuliner yang cukup memanjakan lidah para pengunjung rasanya alun-alun kota kediri layak dikunjungi.
Tapi bukan kuliner yang akan saya angkat disini..melainkan seputar pahlawan tempo doleo. Nah, ditengah tengah alun2 kediri ini terdapat sebuah patung yang berdiri megah..awalnya saya juga tidak tahu itu patung siapa hehe... ternyata setelah diamati, itu patung Panglima Besar Jenderal Sudirman. Seorang Jendral yang gigih berjuang melawan pendudukan belanda meski yang saya tau beliau sedang berjuang dengan sakitnya kala itu. Semasa jaman sekolah dulu, cerita heroik mengenai Jendral Sudirman dan pejuang2 lain hapal luar kepala. Sekarang...? Trully different....(soalnya pelajaran sejarah dah gak ada hehe..)


Lanjut ya gan..  dibawah patung yang saya lihat itu terdapat diorama yang menceritakan kejadian masa itu. Ada cerita/pesan yang sepertinya hendak disampaikan kepada generasi-generasi selanjutnya bahwa dulu mereka berjuang untuk kita tanpa pamrih..ya sekali lagi tanpa pamrih.
Seandainya hari ini kita kembali berperang, kira-kira masih ada gak ya sukarelawan yang berani gugur demi kepentingan bangsa dan negara.... I don’t know yet...( tapi jangan balik tanya ya hehe...kira2 yang nulis posting ini mau gak jadi sukarelawan ? )
Nah, berhubung sekarang bukan lagi jaman perang. Kita berjuang saja di jalur kita masing-masing dengan usaha yang maksimal. Kalau kamu seorang pelajar/mahasiswa maka belajarlah yang rajin. Kalau kamu seorang pendidik, maka jadilah pendidik profesional yang akan mencetak generasi-generasi emas penerus perjuangan bangsa.
Nah, kalau kamu seorang blogger (pemula) seperti saya hehe...maka jadilah seorang blogger yang memberi manfaat dan inspirasi bagi semua orang. Apapun yang kita lakukan asal dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan penuh dedikasi, I THINK..WE CAN MAKE IT....!!!
Good Luck n Have nice day....


See Yachh

Related Posts by Categories

Tidak ada komentar:

Posting Komentar